Hal-Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa

Sebelum kita menjalankan ibadah Puasa maupun pada saat menjalankan puasa, kita harus tahu hal hal apa saja yang dapat membatalkan puasa kita. Percuma rasannya kita puasa bila kita tidak tahu hal hal apa saja yang dapat membatalkan puasa kita, untuk itu kita harus mengetahui hal hal yang bisa membatalkan puasa. Dibawah ini kami jelaskan hal hal yang dapat membatalkan puasa, yaitu:

  • Memasukan suatu benda dengan sengaja kedalam lubang yang dapat membatalkan puasa, seperti: makan, minum, dan segala sesuatu yang masuk kedalam lubang anggota tubuh yang berkesinambungan atau mustahil smapai ke lambung. 
وَكُلُوْا وَاشْرَبُوْا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ اْلاَبْيَضُ مِنَ 
الْخَيْطِ الْاَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ

Makan dan minumlah sampai waktu fajar tiba dengan dapat membedakan antara benang hitam dan putih

  • Melakukan hubungan seksual yang dilakukan dengan sengaja, baik pasangan suami istri maupun yang bukan. Barang siapa yang melakukan hubungan seksual dengan sengaja pada saat menjalankan ibadah puasa ramadhan, sedangkan pada malam harinya dia berniat untuk berpuasa,maka orang tersebut berdosa dengan alasan merusak ibadah puasa.
  • Mengobati kemaluan dan dhubur dengan pengobatan dengan salah satu dari dua kemaluan, maka pengobatan seperti itu dapat membatalkan puasa
  • Muntah muntah yang dilakukan dengan sengaja maka puasanya batal, namun apabila muntah yang tidak disengaja maka puasanya tidak batal atau syah..
  • Keluarnya Air Mani, yang disebabkan oleh bersentuhan dengan lain jenis. maka puasanya batal, baik menggunakan tangan sendiri maupun menggunakan tangan pasangannya.
  • Haid, darah haid yang keluar dari kemaluan perempuan yang sudah menginjak batas usia minimal 9 tahun.dengan waktu haid paling cepat se 24 jam, keluar darah selama satu minggu, paling lama  15 hari, dan jarak antara kedua masa haid batas minimal  15 hari.  Darah yang keluar dari kemaluan perempuan dengan ciri ciri diatas, apabila keluar pada saat menjalanakan ibadah puasa, maka puasanya batal
  • Nifas nifas, darah yang keluar dari kemaluan perempuan setelah proses melahirkan dengan rentang waktu sampai dua bulan ( Ukuran Maksimal) hal ini juga dapat membatalkan puasa. Apabila keluar pada saat menjalankan ibadah puasa
  • Gila Gila yang terjadi pada saat menjalankan ibadah puasa, maka hal ini juga dapat membatalkan ibadah puasanya
  • Murtad murtad, Sesuatu hal yang dapat mengeluarkan seseorang dari Islam, misal melakukan pengingkaran terhadap akan keberadaan Allah SWT, maka hal ini juga dapat membatalkan ibadah puasa.
Terima kasih anda sudah membaca artikel singkat tentang hal hal yang dapat membatalkan ibadah puasa, hal hal yang bisa membatalkan puasa, apa saja yang dapat membatalkan puasa, yang bisa membatalkan ibadah puasa. Semoga artikel singkat ini bermanfaat dan maaf bila ada salah kata dalam penulisan artikel diatas. Admin pemirsablog mengucapkan Terima Kasih.

0 Response to "Hal-Hal Yang Dapat Membatalkan Puasa "

Post a Comment