cara mengatur ukuran template blog

Untuk mengetahui ukuran suatu template blog, kita bisa mengenalinya melalui style shet CSS atau melalui HMTL template blog.   Setiap template blog memiliki perbedaan pada html dan cssnya, jadi jika anda ingin merubah ukuran template blog, anda bisa masuk ke html blog tersebut. Bila anda hendak merubah ukuran template, anda harus menentukan pada posisi mana yang akan anda rubah.


  • #header-wrapper {
  • #outer-wrapper {
  • #main-wrapper {
  • #sidebar-wrapper {
  • #newsidebar-wrapper {
#header-wrapper {
width:900px;
margin:0 auto 10px;
border:1px solid $bordercolor;
}

Pada  Kode html di atas terdapat tulisan width 900px, yang mana artinya mempunyai lebar 900px dan mempunyai border. Border yang di maksud disini adalah bingkai atau garis tepi sebesar 1pixel dengan garis putus-putus. Jika anda ingin berubah ukuran pada header wrapper ini, anda bisa merubah angka yang ada pada width sesuai dengan yang akan anda ganti.

#outer-wrapper {
width: 900px;
margin:0 auto;
padding:10px;
text-align:justify;
font: $bodyfont;
}

Hal ini menunjukan bahwa ukuran outer-wrapper 900pixel, jarak sela sebesar 10pixel dengan lign nya adalah rata kiri kanan, dan jenis huruf yang bisa anda rubah-rubah pada pannel huruf san warna. outer-wrapper adalah hasil penjumlahan lebar kolom main-wrapper, sidebar wrapper dan newsibebar-wrapper. Jadi apabila anda ingin merubah lebar satu kolom di antara yang tiga tersebut, maka lebar outer-wrapper harus anda rubah dan disesuaikan.


#main-wrapper {
width: 435px;
margin-left: 20px;
margin-right: 20px;
float: left;
}

Ini artinya lebar main-wrapper adalah 435 pixel,dengan margin kanan sebesar 20 pixel dan kiri 20 pixel. Kolom ini diletakkan sebelah kiri,. Apabila anda merasa kolom ini terlalu kecil dan tidak bagus, maka anda bisa merubahnya pada angka yang tertulis di atas. 

#sidebar-wrapper {
width: 220px;
float: right;
}

Hal ini menunjukan lebar sidebar-wrapper adalah 220 pixel, dan ditempatkan sebelah kanan layar. kolom ini berfunsi untuk menyimpan aksesoris blog. Jika anda ingin merubah lebah kolom ini, anda bisa merubah pada nilai angka yang tertera pada width.

#newsidebar-wrapper {
width: 200px;
float: left;
}

Hal ini menunjukan lebar kolom 200 pixel dan ditempatkan pada layar sebelah kiri, kolom ini berfungsi untuk menyimpan tool ataupun aksesoris blog. newsidebar-wrapper kebalikan dari sidebar wrapper. Semoga artikel singkat ini bermanfaat. Maaf jika ada salah kata, terima kasih anda sudah membaca artikel singkat tentang cara mengatur ukuran template blog.