Topologi Jaringan Komputer

Pengertian dan Jenis - jenis jaringan topologi komputer

Topologi Jaringan komputer adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer yang lainya, sehingga membentuk sebuah jaringan komputer. Saat ini banyak digunakan dengan motode Bus, Token ring (cincin)star,bintang, Topologi Mesh ,Topologi Hybrid. Masing masing topologi ini mempunyai ciri khas. dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri.


1. Topologi BUS
Pada topologi bus ini digunakan sebuah kabel tunggal atau sebuah kabel pusat dimana seluruh workstation server dihubungkan. Topologi bus merupakan topologi fisik yang menggunakan kabel Coaxial dengan menggunakan T-Connector dengan terminal 50ohm pada ujung jaringan. Topologi bus menggunakan satu kabel yang kedua ujungnya ditutup dimana sepanjang kabel terdapat node - node.


2. Topologi Token Ring ( Cincin ) 

Topologi Token Ring di sebut juga dengan topologi Cincin.Dalam topologi ring semua Workstation dan Server dihubungkan sehingga terbentuk suatu pola lingkaran atau cincin. Setiap Workstation dan Server  akan menerima dan melewatkan informasi dari satu komputer ke komputer yang lainya.Bila alamat alamat yang di maksud sesuai, maka informasi akan di terima, dan bila tidak maka informasi akan di lewatkan.

3.Topologi Star

Pada topologi Star ini, masing masing workstation dihubungkan secara lansung ke server atau Hub Swich. Hub / Swith berfungsi menerima sinya sinyal dari satu komputer dan meneruskan ke komputer yang lain, yang terhubung dengan hub / swich tersebut. Jaringan dengan topologi Star ini sangat sulit pada pemasangannya.

4.Topologi Mesh

Topologi Mesh adalah topologi yang mempunyai jalur jalur ganda dari setiap peralatan dijaringan komputer. Semakin banyak komputer yang terhubung, maka semakin sulit untuk pemasangan kabelnya. Untuk itu, setiap peralatan di hubungkan satu dengan yang lainya.


5.Topologi Hybrid
Topologi Hybrid adalah jaringan yang di bentuk dari berbagai jaringan topologi dan tekhnologi. Sebuah Hybrid Network mungkin sebagai contoh, diakibatkan oleh sebuah pengambilan alihan suatu perusahaan. Sehingga, ketika di gabungkan maka teknologi-teknologi yang berbeda tersebut harus digabungkan dalam network Tunggal. Sebuah Hybrid metwork memiliki semua Karakteristik dari topologi yang terdapat dalam jaringan tersebut.

Semoga artikel singkat mengenai  Pengertian dan Jenis - jenis jaringan topologi komputer ini bisa membantu kita semua.

0 Response to "Topologi Jaringan Komputer"

Post a Comment