Kekhawatiran Dengan Nasib Batik

Kekhawatiran Dengan Nasib Batik - Kalau kita mendengar kata batik, pasti kita lansung teringat dengan corak, motif, dan paduan warna serta gambar bunga bunga yang indah. Ya, itulah keindahan yang terdapat pada batik. Karena  Batik memang terkenal dengan keramahan ragam hias, motif dan corak warna yang sangat menawan, indah dan asyik di padang mata. 

Batik sendiri berasal dari  bahasa jawa yang disebut dengan " Amba" yang artinya menulis dan menitik. Menulis pola gambar dan menitikan warna hias pada batik. Kata amba itu berasal dari cara pembuatannya dan pengolahan yang bermotif ataupun yang bercorak.

Batik dibuat dengan menggunakan sebuah alat yang disebut dengan canting, atau bisa juga dengan menggunakan cap dari tembaga. Sebelum di cetak terlebih dahulu tembaga tersebut di beri hiasan, motif dan gambar. Setelah itu pencelupan kain dengan menggunakan bahan-bahan perintang warna, motif  pada kain Batik “malam” (lilin) yang diletakkan di atas kain, sehingga menahan masuknya bahan pewarna lain. Gambar atau corak warna yang di buat pada kain batik, tidak hanya untuk tujuan bermotif saja, akan tetapi ada nilai-nilai filosofi yang terkandung di dalamnya. Sebagai karya budaya, batik tidak hanya disimpan tetapi harus diletarikan dan dilindungi. Supaya nilai-nilai budaya tidak punah dan tetap menjadi identitas bangsa kita indonesia.

Kerajinan batik sangat memiliki nilai yang sangat tinggi,dan sudah menjadi bagian dari kebudayaan bangsa indonesia, khusus nya di tanah jawa.  Kita sebagai bangsa indonesia yang memiliki banyak budaya dan seni, harus bangga dan mencinta kebudayaan bangsa kita indonesia.

Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini. Bisa kita lihat, begitu banyaknya model pakaian, warna, pakaian.  Produk Luar negeri, yang mana mereka akan merasa bangga memiliki, apa lagi bisa  memakainya. Kita boleh mengikuti trend, model, dan bergaya. Tapi, jangan tinggalkan seni dan budaya bangsa kita indonesia. Kita harus membiasakan untuk melestarikan kebudayaan kita, salah satunya dengan memakai batik pada hari jum'at, pada acara resepsi pernikahan, dan cara acara lainya. Agar kita terbiasa dengan batik.

Kalau bukan kita yang akan melestarikan dan melindungi budaya kita sendiri, lalu siapa lagi. Jika kita tidak menyadari betapa pentingnya pelestarian dan perlindungan terhadap batik, lambat laun yang namanya batik akan hilang di makan zaman. karena waktu terus berjalan, dan zaman terus berganti.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk melestarikan dan melindungi batik. Seperti,  membuat aksesoris dengan motif batik, membuat alas meja motif batik, tapi bermotif batik,selendang bermotif batik,perlengkapan dinner set dengan motif batik, lukisan yang bermotif batik,ukiran bermotif batik, dan sangat banyak lagi.

Sekarang mencari batik atau ingin membeli batik,tidak susah untuk mendapatkanya. Karena saat ini telah banyak orang menjual produk atau barang secara online, banyak orang membuka toko online, butik online. Jadi anda akan lebih mudah untuk membeli barang barang kesayangan anda, seperti membeli kain batik, hanya dengan memilih bentuk dan warna kesayangan anda, lalu anda tinggal pesan barang tersebut.Belanja secara online memang lebih mudah dan lebih irit.

Sangat di sayangkan dan di sesali jika batik yang kita cintai, batik sebagai budaya bangsa kita. Hilang di makan zaman. Jadi kita semuaberharap semoga batik terus berkembang di tengah tengah masyarakat, dan terus menjadi kebudayaan bangsa kita Indonesia.



0 Response to "Kekhawatiran Dengan Nasib Batik"

Post a Comment