Pernikahan Menurut Islam dari Mengenal Calon Sampai Proses Akad Nikah


Pernikahan Menurut Islam dari Mengenal Calon Sampai Proses Akad Nikah - Pernikahan memang impian dan harapan semua orang, dan di wajibkan bagi yang sudah cukup umur dan yang sudah mampu menjalaninya.Proses mencari jodoh dalam islam bukanlah " membeli kucing dalam karung " sebagaimana sering di tuduhkan.Namun justru di liputi oleh perkara penuh adab.

Islam telah memberikan konsep yang jelas tentang tata cara pernikahan  yang berlandaskan Alqur'an dan As-sunnah  yang shahih.

1.Mengenal Calon Pasangan Hidup
Sebelum laki laki memutuskan untuk menikahi seorang pasangan nya, tentunya ia harus tahu terlebih dahulu siapa wanita yang hendak dinikahinya.

2. Nazhar (Melihat calon pasangan hidup)
Seorang wanita pernah datang ke pada Rasulullah untuk menghibahkan dirinya, si wanita berkata:

ياَ رَسُوْلَ اللهِ، جِئْتُ أَهَبُ لَكَ نَفْسِي. فَنَظَرَ إِلَيْهَا رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم فَصَعَّدَ النَّظَرَ فِيْهَا وَصَوَّبَهُ، ثُمَّ طَأْطَأَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم رًأْسَهُ

" Wahai Rasulullah, aku datang kepadamu untuk menghibahkan diriku, Rasulullah pun melihat ke arah wanita tersebut, beliu mengangkat dan menurunkan pandangannya ke pada wanita itu, kemudian beliau menundukkan kepalanya.(HR. Al-Bukhari no. 5087 dan Muslim no. 3472)

Hadist ini menunjukan bila seorang laki laki ingin menikah seorang wanika, maka di tuntun baginya untuk terlebih dahulu melihat calonnya tersebut dan mengamatinya. (Al-Minhaj Syarhu Shahih Muslim, 9/215-216)


3. Khithbah (peminangan)
4.Akad Nikah
5.Walimatul ' Urs
6.Setelah Akad

0 Response to "Pernikahan Menurut Islam dari Mengenal Calon Sampai Proses Akad Nikah"

Post a Comment